Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

BAGAIMANA SIH BISA SAMPAI KOREA


Nah temen - temen, disini aku mau berbagi cerita kepada teman - teman semua tentang " Bagaimana sih bisa sampe di Korea? " . Tapi sebelum itu semua izinkan aku perkenalkan diri dulu ya πŸ˜€, seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang . Oke ? 😁
Pertama, perkenalkan aku Ruly Octareza, seorang Laki - Laki Ganteng (katanya) lahir pada tanggal 20 Oktober 1998 di Blitar, Jawa Timur. Seorang anak Sulung dari 2 bersaudara. Sekarang berada di κ΄‘μ£Όκ΄‘μ—­μ‹œ, 쑸라남도, λŒ€ν•œλ―Όκ΅­  (Kota Gwangju, Provinsi Jolla, Korea Selatan). Aku disini bekerja menjadi TKI di Perusahaan Namdo Mold, Ltd. Aku disini baru tiba loh, sekitar 1 bulanan yang lalu. Tepatnya hari Jumat, 18 April 2019. Udah ya perkenalan dari aku πŸ˜†. Kembali ke topik awal ya " Bagaimana sih kok bisa sampai di Korea ? " (Korea selatan loh, bukan Negeri sebelahnya :D)

Temen - temen harus paham dulu nih. Negara Indonesia dan Korea Selatan mempunyai kerja sama untuk penyaluran Tenaga Kerja melalui Program G to G Korea Selatan dengan lembaga penyalur resmi BNP2TKI. Dan Pihak Korea selatan pun juga dengan lembaga resminya yaitu melalui kerjasama HRD Korea. Web Resminya ada nih (gtogkorea.go.id) (bnp2tki.go.id)
Jadi Pihak Indonya itu BNP2TKI dan Pihak Koreanya itu HRD Korea Selatan.

Metode pengambilan TKI dari Indonesia dan 15 Negara yang lain ( Rusia,  Srilanka, bangladesh, usbekistan, dll) yaitu melalui Ujian Employment Permit System yang diadakan di masing2 negara calon Tenaga Kerja. Di Ujian tersebut khusus di Indonesia, Negara kita tercinta ini , ada 2 Bidang pekerjaan yang disediakan , yaitu manufaktur dan fishing. Aku sendiri mengikuti bidang manufaktur di ujian 2018.
Dalam ujian tersebut ada 2 kali tes, yaitu tes teori dan tes skill. Ketika sudah lolos ujian tes teori atau tes tulis, kita diharuskan mengikuti tes skill dan setelah dinyatakan Lulus ujian Skill, kita diwajibkan juga untuk tes Kesehatan meliputi darah, pendengaran, paru paru dan mata. Jika tahap tersebut sudah di lalui maka data kita ( hasil ujian, hasil rekam medis) dikirim ke Korea di situs eps.go.kr . Selanjutnya kita tinggal menunggu panggilan dari Pihak Korea.

Setelah proses penantian data dikirim, disetujui lalu kontrak kerja diterbitkan, dan penandatangan kontrak di Gedung BNP2TKI Ciracas, Jakarta Timur. Tibalah hari keberangkatan Ke Korea Selatan. Aku berangkat bersama lebih dari 100 orang pada penerbangan GA878 tujuan Inchoen, Korea Selatan.

Kami berangkat dari Jakarta pukul 22.30, setelah  penerbangan  beberapa jam lamanya tiba di Inchoen sekitar pukul 08.00 pagi Waktu Korea Selatan. Setibanya di Bandara Inchoen kami diarahkan Ke untuk Medikal Check Up lagi, selanjutnya kita di arahkan ke KBIZ Hwasong, Seoul untuk pembekalan lagi sebelum dilepas ke Sajang (boss) . Kami disini 3 hari, dan inilah awal aku makan masakan orang korea, ngobrol dengan orang korea dan merasakan Dingin musim semi dan melihat Indahnya Bunga Sakura.
Rekan se Perusahaan
Bunga Sakura
Terminal Kedatangan
 Bandara Inchoen Korea

Aku 😎

Nah, itu cerita Awal ku Sampai korea. Penasaran Kisahku selanjutnya dengan 3 Hari Awalku Di Korea ? Pastinya akan seru banget dan lebih menarik dari kisah Awal Ini 😊 . So, ikuti terus Postingan Blog ini ya.

Sekian dariku, kita jumpa lagi di postingan selanjutnya ya πŸ˜†

Silahkan Komentar jika ada pertanyaan mengenai Cerita saya ini 😁

Posting Komentar untuk "BAGAIMANA SIH BISA SAMPAI KOREA"