Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MUSLIM INDONESIA DI KOREA

Muslim Indonesia di Korea Selatan


Pernah engga temen - temen berfikir atau sekedar menghalu (wkwkwk) bagaimana hidup sebagai Muslim di Negeri Kpop ini di Negerinya Blackpink,Twice, Exo, dsb. Ya, kali ini aku ingin sharing sedikit bagaimana cara kami Muslim Indonesia di Korea Selatan untuk beribadah dan tetap taat kepada perintah Allah SWT.

1. Waktu Sholat



Bagi sebagian dari kami (Muslim di Korea) waktu sholat adalah problem yang sedikit banyak memang sulit diatasi, apalagi kebanyak dari kami memang bekerja untuk perusahaan lokal. Kita tahu bahwa negara korea selatan kebanyakan penduduknya tidak memiliki keyakinan (atheis),oleh sebab itu tak jarang kita sulit menjelaskan kepada penduduk lokal kita mau sholat itu mau melakukan apa gitu. Tapi, Allah swt adalah Maha Pemurah dan Maha Memudahkan kita jadi bisa melaksanakan kewajiban ini dengan mudah. Dengan tidak sedikit Bos yang memperbolehkan kita untuk melaksanakan sholat di Perusahaanya.

2. Makanan Halal



Halal food memang ini juga menjadi problem kita, karena kita harus tau mana makanan yang mengandung babi dan mana yang tidak. Disini hampir semua makanan yang berdaging atau menggunakan daging sebagai campuranya sering kali mereka menggunakan daging Babi untuk memperlezat makananya. Maka dari itu kami lebih condong untuk memakan masakan yang tidak ada unsur dagingnya, namun tak sedikit dari kami yang masih makan masakan daging (daging ayam/sapi) yang sebenarnya oleh beberapa ulama tidak dibenarkan untuk dimakan.

Dibalik itu semua sebenarnya kita lebih mudah zaman sekarang karena banyak AsiaMart yang menyediakan daging Sapi Halal, daging Ayam Halal untuk kebutuhan kaum muslimin disini. Jadi kita tidak perlu khawatir, jika pengen makan ya beli di Asia mart lalu masak sendiri deh. wkwk

3. Tempat Sholat ( MASJID, MUSHOLA)



Dengan banyaknya muslim yang datang ke Korea pastinya juga membutuhkan tempat bagi kami untuk berkumpul sekedar melepas kerinduan akan suasana islami di Tanah Air. Sebagian dari kami tergerak hatinya untuk mendirikan masjid - masjid yang tentunya tidak seperti bentuk masjid yang ada di Indonesia ya. Masjid yang kami sebut ini lebih tepatnya adalah suatu gedung yang biasanya kami sewa untuk dijadikan masjid.

Ibadah  yang kami lakukan di Masjid ini tentu mirip dengan di Indonesia, namun dengan jamaah dan kondisi yang seadaanya. Sholat Jumat, sholat jamaah, tadarus bersama, kajian - kajian, baca yasin berjamaah, dan kegiatan islami lainya. Lain kali saya akan jelaskan kondisi detail masjid ini ya :)


Terima kasih telah membaca ceritaku hari ini, semoga ini menjadi manfaat bagi teman - teman semuanya. Dan apabila ada pertanyaan silakan langsung koment dibawah atau DM ke instagram saya di @ruly_octareza. Sekian. Jangan Lupa tersenyum hari ini. :)





Posting Komentar untuk "MUSLIM INDONESIA DI KOREA"