5 Masjid Indonesia yang ada di Korea Selatan, KEREN !!!


Masjid adalah tempat ibadah umat islam, yang merupakan 5 terbesar dari populasi umat beragama di dunia di dominasi oleh umat islam. Agama Islam menyebar dari Jazirah Arab menuju seantero dunia semenjak abad ke 6, atau 1400 tahun yang lalu.

Agama islam menyebar ke seluruh penjuru dunia melalui jalan perdagangan, perkawinan dan penaklukan. Namun cara terakhir, adalah jalan satu - satunya jika umat islam diperangi dan dilarang untuk bersyiar agama islam di daerah tersebut.
Source : Unsplash

Di Asia timur sendiri islam juga merupakan agama terbesar, namun tidak dengan negara seperti China, Jepang dan Korea Selatan.

Pada akhir tahun 2016, jumlah penduduk Korea Selatan secara keseluruhan diperkirakan mencapai 51.269.554 jiwa dengan tingkat kepadatan penduduk 512 jiwa per kilometer persegi.(https://overseas.mofa.go.kr/id-id/wpge/m_2732/contents.do) .

Populasi muslim lokal sangat sedikit kurang dari 5 persen penduduknya yang beragama Islam. Namun, berkat imigran dari luar korea khususnya dari negara yang mayoritasnya Muslim seperti Pakistan, bangladesh, usbekistan dan Indonesia. Negeri K-Pop ini memiliki Masjid dan komunitas Muslim juga lo ternyata.

Nah disini aku ingin membahas Masjid Indonesia yang wajib di Kunjungi ketika berwisata ke Korea Selatan.

1. Islamic Center Ansan

Sumber : Google

Masjid ini merupakan salah satu masjid yang di kelola Imigrant paling terkenal di Korea Selatan. Karena letaknya yang strategis masjid ini memiliki jamaah yang terbilang terbanyak di Korea Selatan. Masjid yang beralamat di 16-1 Park, Wongok-dong, Danwon-gu, Ansan-si, Gyeonggi-do ini terletak di tengah - tengah komunitas orang asing di Korea Selatan. Termasuk orang Indonesia banyak yang bermukim dan bekerja di daerah sini.

Masjid ini memiliki sejarah yang cukup panjang karena merupakan salah satu masjid yang tertua yang di dirikan oleh umat muslim di Korea Selatan. Selain bangunanya yang khas, kegiatan di dalam masjid ini pun bermacam - macam, mulai dari keagamaan maupun kegiatan sosial yang lain.


2. Masjid Al Barokah Gimhae

Source : Facebook Masjid Al Barokah Gimhae

Masjid Al Barokah Gimhae merupakan masjid yang terletak di bagian timur wilayah korea ini memiliki bangunan permanen yang telah dibeli oleh Komunitas Muslim Indonesia melalui serangkaian acara donasi dan pengajian akbar yang diadakan oleh Dewan Kemakmuran Masjid Al Barokah Gimhae.

Keunikan dari Masjid ini ialah memiliki Toko yang menjual barang khas dari Indonesia yang telah melalui jalur perdagangan eksport dan impor oleh ITPC (Indonesia Trade Promotion Center) yang di Resmikan langsung oleh Duta Besar RI untuk Korea Selatan bapak Umar Hadi.

3. Masjid Agung Daegu

Sumber : FB Masjid Agung Baitul Ma'mur

Dari utara ada Islamic Center Ansan, di timur ada Masjid Al Barokah Gimhae di wilayah tengah ada Masjid Agung Daegu. Masjid yang terletak di Kota Daegu ini memiliki letak yang cukup strategis yaitu berdekatan dengan Stasiun subway kota Daegu, sehingga para jamaah yang ingin kesini bisa langsung menggunakan Subway untuk pergi ke Masjid.

Masjid ini juga merupakan salah satu diantar 4 masjid permanen yang di Kelola oleh Muslim Indonesia di Korea Selatan. Masjid yang memiliki bangunan 3 lantai ini memiliki jamaah yang banyak karena selain akomodasi untuk menuju tempat yang mudah juga terletak dekat dengan Komplek Perusahaan yang ada disekitarnya, sehingga banyak pekerja muslim yang bisa mampir untuk ibadah ketika sedang pulang kerja.


4. Masjid Amar bin Yaseer Iksan

Suasana dalam Masjid Amar bin Yaseer

Masjid dengan bangunan terluas yang pernah saya kunjungi ini terletak di Provinsi Jeollabuk-do, Kota Iksan. Sebuah daerah perbukitan yang indah. Masjid ini memiliki gedung 4 lantai dengan rooftop yang sangat nyaman untuk barbeque an disini.

Pengelola dari Masjid ini ada 2 negara yaitu Indonesia dan Usbektistan, kendati demikian tidak ada halangan dalam mengelola masjid karena baik Indonesia maupun Usbektistan sama - sama memiliki pedoman Madzab Imam Assyafi'i dan kitab rujukan selain quran adalah Kitab Imam Bukhori yang notabene adalah orang usbekistan sendiri.


5. Masjid Al Ishlah Gwangju

Suasana di dalam Masjid

Masjid Al Ishlah merupakan Masjid Indonesia yang terletak di Pyeongdong industrial Complex di Kota Metropolitan Gwangju. Masjid ini resmi berdiri di tahun 2016 selepas pengajian yang diadakan oleh KMI mengundang Habib Syech pada waktu itu.

Masjid ini salah satu masjid yang aksesnya paling mudah dijangkau di seluruh Korea Selatan, selain terletak di tengah Komplek Industri Masjid ini juga terhubung dengan Jalur kereta bawah tanah yang menghubungkan dengan Jalur kereta utama di Korea Selatan.

Keunikan masjid ini adalah terletak di Lantai 5 dan terhubung dengan Warung Indonesia di lantai 3, jadi bila sedang berkunjung ke Masjid bisa sekalian menjajal kuliner yang ada di Warung Indonesia yang ada di lantai 3.


Nah, itulah Masjid Indonesia yang ada di Korea Selatan, selain masjid - masjid tersebut masih banyak lagi masjid yang dikelola oleh Muslim Indonesia di Korea Selatan. Total yang tercatat di Buku Induk Komunitas Muslim Indonesia Korea Selatan ada sekitar 56 Masjid dan Musholla di negeri ginseng ini. Dan 4 diantaranya adalah masjid Permanen hasil Wakaf dari TKI yang berada di Korea Selatan.

Wah ternyata sebanyak itu ya, jadi kalau temen - temen berniat untuk pergi wisata atau belajar di Korea selatan tak perlu khawatir lagi untuk tempat ibadah ya 😁

Posting Komentar untuk "5 Masjid Indonesia yang ada di Korea Selatan, KEREN !!!"