Langkah Kecil banyak = Langkah besar

Dalam pertandingan lari marathon semua peserta melalui perjalanan untuk mencapai garis finish yang panjang. Namun semua perjalanan itu dimulai dari garis start. Garis start tersebut sama satu dengan yang lainya. Namun untuk mencapai garis finish langkah demi langkah adalah wajib untuk dilalui. Wajib untuk dijalani bila kita ingin sampai pada garis finish. 

Bagi saya pemenang lomba lari marathon bukan hanya yang menyelesaikan dengan catatan waktu tercepat, namun juga semua orang yang berhasil finish dalam marathon tersebut pemenangnya. Setidaknya dia yang sudah berpartisipasi dalam garis finishlah yang bisa dikatakan pemenang. 






Kalau boleh saya qiyaskan dalam kehidupan sehari - hari, bukan siapa yang tercepat untuk sukses. Tapi siapa yang mau dan mampu menjalani langkah - langkah kecil seperti pelari marathon tersebut untuk mencapai garis finish kesuksesan. 

Nah, garis sukses itu juga bisa diqiyaskan dengan garis finish. Finishnya orang beda-beda, suksesnya orang beda - beda pula. Yang ini banyak lah orang yg ngomong. Tapi perlombaan marathon inilah yang membedakan aku,kamu, dan orang lain. 

Kamu bukan berlomba dengan orang lain, tapi kamu berlomba dengan dirimu sendiri mau atau tidak mencapai garis finish yang kamu tuju dengan langkah - langkah kecil tapi banyak hingga jadi sebuah langkah besar yang menghantarkan pada kesuksesan itu. 

Kebiasaan kecil akan berefek pada hasil yang besar. Suatu hari saya mencangkul disawah dengan ayah saya yang luasan sawahnya sekitar 3 petak, mungkin 4-5 are. Saya dapat bagian dari ayah saya 1 petak dan ayah saya mencangkul 2 petak. Dalam sehari mencangkul sekitar 6 jam. Mulai jam 5 pagi hingga jam 11 an siang. 

Sehari itu mungkin saya hanya dapat 20-30 meter. Tapi ayah saya mendapat 50-70 meter. Tiap hari saya lakukan hingga selesailah itu jatah saya satu petak. 

Pada awalnya terasa berat, tapi lama kelamaan saya terbiasa. Kecil - kecil lama lama besar. Dan akhirnya 3 petak sawah kita selesaikan dan bisa digarap dengan semestinya. 

Artinya apa? Sedikitpun gak jadi masalah. Yang penting konsisten. Inilah problem saya dan kebanyak manusia lain. 

Konsistensi 🥺. Yah semoga kita bisa setidaknya 0.1% setiap hari agar jadi kebih baik setiap waktunya. 

Posting Komentar untuk "Langkah Kecil banyak = Langkah besar"