Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kembali Semula !

 Senin, 21 Desember 2020.


Foto hanya pemanis :)


Kembali kepada rutinitas sebelumnya, yaitu menulis. Entah sejak kapan aku mulai senang akan menulis, namun semenjak 6 bulan terakhir aku pindah bagian pekerjaan menjadi Setter Molding di Pabrik Injection tempatku bekerja. Akan tetapi mulai pertengahan minggu lalu, aku diminta oleh kepala pabrik (Gwajang) untuk kembali memegang mesin. Mesin yang aku pegang selama satu tahun sebelumnya semenjak awal kerja di sini. Ya awalnya agak gimana gitu rasanya, karena sudah 6 bulanan tidak memegang mesin seharian full. Tapi, aku mencoba mengambil hikmahnya, mengambil manfaatnya. Apa yang bisa aku dapatkan ketika memegang mesin kembali? setelah aku memikirkanya seharian selepas bekerja, aku mendapat ide bahwa aku bisa memakai TWS (True Wireless Speaker) atau headset untuk mendengarkan Ceramah agama, mendengarkan Podcast, memutar musik dikala sambil bekerja. Dan salah satunya juga menuangkan ide - ide tulisan di buku atau catatan. 


Dan akhirnya aku bisa menemukan ritmeku kembali, aku senang bisa menulis ide - ide di otaku yang sekian lama engga keluar karena kesibukan yang terus - menerus ada. Setter molding itu selain capek fisik juga capek pikiran. Bagaimana tidak capek ? dari 16 Mesin yang jalan pasti di satu Shift setidaknya ada minimal 3 Molding yang harus ganti, itupun jarang lebih sering di angka 5 atau bahkan lebih. Selain itu Setter Mold juga harus memastikan robot yang digunakan, alur robot yang dijalankan benar agar tidak menimbulkan alarm atau kesalahan yang tak perlu lainya. Ah pokoknya ribet dan capek dah. Tapi dibalik semua itu ada keistimewaan yang didapat yaitu orang pribumi lokal sini akan selalu menghormati pekerjaan ini. Karena dianggap pekerjaan sentral, capek dan memerlukan keahlian. Sehingga mereka Respect terhadap Setter Mold ini.


Selain itu, bila memang senang dengan kegiatan "Ngulik" setter mold adalah kegiatan yang sangat menarik. Karena memang kita memasang mold, kita juga harus tahu ini mold dengan bahan tipe apa yang akan di masukan, apakah PP,TPO,ABS,PC ABS atau masih banyak bahan yang lainnya. Serta bentuk yang di buat apa, wah pokoknya menarik banget sebenarnya. Jadi selain mengerti bagaimana alur plastik dibentuk menjadi sebuah bahan jadi, kita jadi mengerti mesin ini bekerja.


Tapi, aku sangat menghargai keputusan pabrik untuk aku dipindahkan  untuk memegang mesin lagi dimana aku dipercaya oleh pihak perakitan untuk memegang Handle Pesawat yang merupakan salah satu barang yang paling mahal di pabrik. Jadi aku merasa bangga karena mendapat mandat dari pabrik untuk melakukan sesuatu yang penting. Bagaimanapun juga aku adalah Karyawan/pekerja jadi apa kata komandan sebisa mungkin jika itu menurut akal bisa dijalankan dan sesuai dengan kewajiban pekerja pada bagiannya akan aku lakukan. 


Pada bagian ini, kita harus banyak - banyak bersyukur kepada Yang Maha s. Mau tidak mau, Suka tidak Suka. Ia lah yang punya kehendak kepada kita Makhluknya yang lemah. Dan terlebih baik lagi apabila kita menerima secara Ikhlas dan Pasrah atas pekerjaan yang diberikan. Dimana diluaran sana banyak orang yang menginginkan pekerjaan namun belum mendapatkanya, banyak yang mencari namun juga belum menemukanya. Akhirnya, kita memang harus dipaksa bersyukur agar lebih menikmati pekerjaan dan aktivitas yang kita lakukan saat ini. :)

Posting Komentar untuk "Kembali Semula !"