Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Korea as A Journey of Life 👊

Tulisan ini aku tulis sejak awal tahun 2021, dalam rangka untuk memberi kontribusi pada Usaha Penerbitan BUKU Perpika Korea. Namun, hingga detik ini aku tidak diberitahu kapan dan kenapa buku ini belum terbit. Jadi, aku putuskan untuk menuliskanya disini. :)



Selamat temen - temen sudah sampai pada tulisanku yang sederhana ini. Sebelum melangkah jauh untuk membaca tulisan ini, izinkan aku sebagai penulis ingin sedikit berkenalan dengan anda semuanya. Oke, perkenalkan aku Fatchurizkia Ruly Octareza. Loh kok panjang namanya? Sulit lagi pelafalanya ! . Enggak sulit kok, itu bacanya Fat Chu Rizkia. Kan.. mudah to.. hehe.. jadi Nama depanku itu diambil dari Asmaul Khusna Al Fatkhu dan Ar Rizqi yang berarti pembuka rizki. Bagi siapa ? Bagi ayah dan Ibuku dong.. eits. Udah sampai situ aja ya arti namanya..
Panggilanku Reza, aku berasal dari sebuah desa di kaki lereng Gunung Kawi, Blitar , Jawa timur. Aku lahir dikawasan pedesaan yang asri, tidak ada gedung tinggi, tidak ada tower telephone (pada saat itu) bahkan jaringan Sinyal hape susah sekali didapatkan kalau tidak menggunakan Provider si Merah itu.

To be make a short story, bagaimana aku mengenal Korea? Bagaimana pendapatku tentang korea? . Jujur, sejak kecil aku sudah tau kalau orang indonesia bisa bekerja di korea ataupun bahkan bisa bekerja di korea. Kenapa? Karena banyak dari tetanggaku itu yang kerja di korea, baik sekarang masih disini atau sejak angkatan awal - awal kerja di korea. Mungkin tahun 2000 an atau bahkan 1998 an lah ya. Tapi disini uniknya, aku sampai kelas XII SMK tidak pernah sedikitpun terlintas dibenakku untuk kerja disini. Mengapa ? Pertama memang tujuanku dalam belajar atau sekolah di awal2 pembelajaran adalah untuk melanjutkan di perguruan tinggi di Indonesia. Aku sangat kepingin untuk belajar disana. Karena memang minat belajarku dari waktu kecil sudah tinggi. Bahkan aku pernah mendaftar di UGM lewat Jalur SNMPTN namun tidak Lolos, sedih rasanya sih.. hihi. Pun, aku pernah daftar di PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya) melewati jalur seleksi PMDK dan disini aku uniknya diterima dengan nilaiku yang bisa dibilang biasa² saja. Namun, ketika aku mengutarakan niat itu kepada orang tua kenyataan berkata lain, ayahku dengan berat hatinya mengatakan bahwa beliau sudah tidak mampu untuk memberi uang saku aku untuk kuliah, dan ibuku memiliki pendapat yang lebih mengendurkan niatku untuk kuliah di PENS.

Saat itu, aku sangat iri dengan teman²ku yang sudah mulai kesana kemari mengurusi berkas kuliah dan pendaftaran kampus. Sementara aku dalam kebimbangan, adalah tawaran untuk kerja / magang di Jepang.

Singkatnya, aku ditolak karena alasan tinggi badan kurang. Waktu itu kecewa banget lah, siapa yang engga mau ke japan negeri para anime terkenal, captain tsubasa we will go .. begitu mimpinya. Namun, mimpi hanya mimpi hingga aku ditolak pada saat itu. Lalu aku memberi tahu ayah dan ibu bahwasannya aku ditolak ke japan karena kurang tinggi.

Orang tua selalu memberi semangat, jika rezeki tidak ada disana sejauh apapun kau cari maka tak akan ketemu juga. Lepas dari kesedihan itu aku diminta ayah untuk coba nyari lowongan ke korea selatan layaknya tetangga² yang sudah banyak berada disana.

Kumulai dengan membaca di website resmi BNP2TKI, membaca postingan² di Laman Facebook Info Korea Selatan. Dan berusaha menanyakan ke Guru BK ada engga lowongan magang ke Korea selatan seperti layaknya di Jepang.

And Finally aku masuk ke Lembaga Bahasa korea 2017 Juli tanggal 7, untuk mengikuti pelatihan bahasa selama kurang lebih 22 bulan mengikuti pelatihan dan bimbingan juga menanti SLC (Standart Labour Contract).

19 April 2019 aku sampai di korea selatan, bahagia sekali menikmati hasil perjuangan dan doa. Hingga saat ini aku masih sangat merasa bersyukur dan berusaha selalu melanggengkan rasa syukur ini dengan cara salah satunya membagikan ceritaku disini. Korea Selatan adalah negeri impian banyak orang, dan aku salah satu yang ditakdirkan disini.


Terima kasih telah membaca tulisanku ya :)



Posting Komentar untuk "Korea as A Journey of Life 👊"