Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proses Kepulangan TKI KOREA (Mandiri)


Dalam tulisanku kali ini aku akan membahas bagaimana cara - cara untuk kepulangan TKI Korea secara mandiri serta Tips - tips untuk mempermudah kita pulang.

Senin, 2 Agustus 2021 aku berkesempatan ikut Kang Zhen teman sekaligus Guru belajar di Masjid Al Ishlah Pyeongdong Gwangju untuk mengurus berkas kepulanganya. Jadwal yang ia peroleh untuk pulang ke Indonesia adalah tanggal 7 Agustus 2021 dari Incheon Airport. Jadi minggu ini merupakan minggu terakhir ia berada di Negeri Ginseng ini.

Perjalanan kami mulai pukul 08.00 dari Masjid, iya masjid. Karena kami punya satu kebiasaan kalau libur bekerja sering kali tidur di Masjid. Dan kali ini aku tidak berdua saja dengan Kang Zhen, tapi ada Kang Doni. Beliau ini rumahnya agak jauh dari Masjid tepatnya di Damyang, sebuah kota kecil di tengah Provinsi Jeollanamdo yang banyak terdiri dari pegunungan dan sawah. Konon katanya tempat persembunyian orochimaru ( wkwkwk ) . Kang Zhen dan Kang Doni ini sudah pernah ke Tanah Suci alias Berhaji pada musim haji 2019 lalu. Sebuah keistimewaan bagiku dapat berkumpul dan jalan bareng bersama orang yang pernah berziarah ke Makkah dan Madinah. Semoga aku juga ketularan yak.. aamiin


Pukul 8 pagi kami berangkat dari masjid menaiki kereta lokal atau di Indonesia bisa disebut MRT. Dengan tarif flat yaitu 1250 won kalau memakai kartu dan 1400 kalau uang cash yang ditukar Coin. Berangkat dari st. Pyeongdong menuju st. Nongsong kurang lebih memerlukan waktu 20 menit.

Setelah sampai pada st. Nongsong kita keluar menuju pintu 5 menaiki anak tangga ke atas. Lalu berjalan menuju halte bus di depan Pusat Perbelanjaan Emart (seberang jalan). Tepatnya di sebelah Gedung KEB Hana Bank. Naik bis Nomor 39, dan turun di depan apartemen setelah menyebrang sungai. Lalu , jalan keseberang jalan ada gedung 나라키움 광주통합정사 dan masuk kedalam ruangan disnakernya 외국인고용허가  / 광주지방노동청 di dalam sini, kita akan ditemui oleh Petugas yang khusus melayani pekerja asing. Ada penerjemah dari Indonesia, Vietnam, dan Kamboja.


Beruntungnya, kita sebagai warga negara Indonesia mempunyai penerjemah sendiri. Dan ini merupakan kemewahan tersendiri sih bagi kita. Jadi tidak perlu banyak repot 😂 untuk mengurus terjemahan bahasa korea ke indonesia.

Setelah urusan di Disnaker selesai, yang kurang lebih hanya memerlukan 5 menit. Kita lanjutkan pengurusan kepulangan menuju kantor 국민연금 ( NPS National Pension System ) .
Dari Disnaker itu kita berjalan menuju Halte BUS yang menyediakan jalur BIS Nomor 39 atau 18 ke arah jalan yang berkebalikan dengan jembatan. Kemudian kita naik Bis berhenti di Halte Wolgok Apartemen atau odeng elementary school.



Setelah turun disana kita berjalan kurang lebih 3 menit menuju kantornya. Di Kantor ini kita menuju lantai 1 dan ambil nomor antrian untuk mengantri mendapatkan pelayanan. Disini tidak ada penerjemah ya, jadi skill bahasa korea kita harus digunakan 😅 .  Di kantor ini kita diminta persyaratan Antara lain ID Card, passport, dan tiket pesawat. Dan diminta mengisi sedikit formulir yang saya rasa mudah kok di isi.

Disini kita tidak menunggu lama, setelah mengisi formulir kita dipersilakan untuk pulang dan diberitahu bahwasanya Klaim NPS ini bisa cair maksimal 1 bulan setelah kita pulang. Setelah pelayanan selesai, kita beranjak menuju kantor Shelter.



Dari kantor Gugmin kita berjalan ke arah pasar wolgok untuk menaiki bis yang mengarah ke Shelter naik bis 20, 37 lalu lihat pada peta halte kita turun di 흑석사고리,  lalu jalan ke arah shelter buka peta 광누의국인동자지원센터. Disini gedungnya berada di Lantai 2 ya. Persyaratan yang diperlukan antara lain surat berhenti Kerja dari Disnaker yang kita dapatkan tadi, kemudian ID CARD, Passport dan Tiket pesawat. Nah disini prosesnya biasanya cepat, tapi tergantung kondisi antrian juga ya. Di shelter ini kita akan ditanya pesangon diterima di Korea atau sewaktu di rumah terserah kita ya.




Tujuan kita ke shelter adalah menangani masalah pesangon dari pabrik, pesangon ini besarnya bervariasi. Namun, rata - rata pesangonya ialah 3x Gaji 3 bulan terakhir. Nah, ini biasanya yang sering ditunggu temen - temen mau pulang.

Nah, itu dia tadi pengalaman mengantar pulang Kang Zhen. Banyak pelajaran dan ilmu dari belisu yang bisa diambil, khususnya buat saya sendiri dan teman - teman pembaca ya 😇. Terima kasih telah membaca dan nantikan tulisanku menarik lainya ya.. :)

Posting Komentar untuk "Proses Kepulangan TKI KOREA (Mandiri)"