Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Remahan Pikiran









Yah, banyak diantara kita yang tentu saja ingin dan merindukan apa yang namanya berlibur. Hidup memang ngga harus kerja terus kan ya?

Dengan rutinitas yang sama untuk setiap hari senin - jumat bagi pekerja pabrik dan kantoran hal ini tak jarang menjadi kejenuhan sendiri.


Mengapa tidak? 8-12 jam bekerja, menyentuh hal yang sama, kegiatan yang terus berulang dan tempat kerja yang sama membuat kebanyakan orang jenuh dan sangat ini liburan jalan - jalan. Betul kan? Saya juga termasuk yang demikian. Ingin juga setiap ada waktu senggang untuk self healing diri sendiri.


Tapi tak jarang banyak orang yang sedari awal mindset mereka untuk datang ke negeri ginseng ini adalah untuk mencari modal hidup selanjutnya yang berupa uang, dan ini juga tak salah. Hal ini membuat mereka lebih sederhana dalam hidup di korea. Tidak membeli brand mewah, hape yang terbaru dan lain sebagainya yang mereka anggap kurang bermanfaat.


Ada lagi yang bekerja di Korea berbayar Won tapi pengeluaran disamakan dengan Rupiah. Gimana maksudnya ? . Ya misalkan, bisa ngga kita hidup dengan 200 ribu perbulan misalnya. Atau dengan 100 rb won perbulan. Setiap won yang dikeluarkan dihitung rupiahnya. Setiap diajak masuk toko, membeli satu dua barang ia konversikan jadi Rupiah. Wal hasil ia banyak berhemat disini. Dan ini juga bukan hal yang buruk. Ini perkara Mindset aja.




 


Korea Selatan bagi pekerja bisa dibilang memberikan banyak sekali kemudahan. Mudah untuk mencari pekerjaan, mencari tambahan penghasilan dan bahkan untuk bersenang - senang disinipun bisa. Tak jarang banyak diantara Pekerja yang lupa diri bahwa ia adalah orang asing disini yang suatu hari kontraknya Habis lalu pulang kemana ia berasal. Misalnya dapat kontrak 5 Tahun dan karena ke asyikan bersenang - senang tau -tau udah 4 tahun an aja. Modal lupa terkumpul entah kemana. Kontrak tinggal sedikit. Rumah belum direncanakan. Dan sepenggal kisah yang lain dengan banyak variable versinya.


Maka dari itu Pekerja yang datang dari Indonesia khususnya, aku berharap untuk tidak lupa diri bahwa kita ini disini berbatas waktu dan tenaga juga. Boleh bersenang dan liburan tapi ada kalanya kita harus berhemat dan berinfaq. Boleh kita self healing untuk menyenangkan hati dan diri. Tapi ingat jangan berlebihan.


" .... sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. " kutip dalam sebuah hadist yang mahsyur itu. Dari sinilah kita harus tau diri, makna dari sebuah kesempatan untuk liburan dan pembentukan mindset dari sedari dini untuk menanamkan rasa cukup dalam diri semudah mungkin. Aku tidak maksud menasihati, tapi mengingatkan diri sendiri dan siapa tau bisa juga bermanfaat bagi teman - teman disini.


Remah kata diujung kalimat. Share jika ini bermanfaat. Terima kasih berjuta nikmat. Pada Tuhan yang Maha Pemberi Hikmat. 

Posting Komentar untuk "Remahan Pikiran"