Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 SIKAP ORANG KOREA YANG PATUT KITA TIRU

3 SIKAP ORANG KOREA YANG PATUT KITA TIRU


Source : Pixabay


Korea Selatan merupakan negara maju di kawasan Asia Timur bersebelahan dengan Jepang dan China. Korea Selatan sejatinya masih berperang dengan saudaranya di utara semenanjung Korea yaitu Korea Utara. 


Negara ini berperang mulai tahun 1950 hingga tahun 1953 yang diakhiri oleh perjanjian damai antara China, Korea Utara dan Amerika Serikat. Di perjanjian ini pihak Korea Selatan tidak menandatangani nya. Jadi dalam status Internasional mereka perang tapi dalam masa damai atau gencatan senjata. 


Wah, serem juga ya. Kalau di dunia barat istilahnya adalah "Cold War" atau Perang Dingin, begitu pula di korea selatan ini. Semenjak 1953 sampai hari ini hubungan Korea Selatan dan Utara dalam keadaan ya berperang namun dalam masa damai. Jadi penduduk baik korea selatan dan utara punya hukum wajib militer bagi laki - laki nya. 


Nah, udah dulu membahas sejarah korea mari kita menuju topik utama kita. Yaitu 3 Sikap orang Korea yang perlu kita tiru .


1. KERJA KERAS

Sumber : Pixabay


Diakui atau tidak kunci dari sebuah keberhasilan dalam berusaha menggapai sesuatu adalah kerja keras. Dalam kalimat yang terkenal di kalangan pondok pesantren adalah " Man Jadda Wa Jadda " Artinya ~Barang siapa yang bersungguh - sungguh maka ia yang mendapatkanya~ begitu pula di Korea. Habbit dari orang korea ini adalah kerja keras. Banyak diantara pekerja yang berusia diatas 60 tahun masih bekerja keras sampai lembur malam untuk kehidupan tua yang lebih baik. Fyi, aku adalah TKI yang bekerja di Korea Selatan lebih dari 2 tahun dari hari menulis ini. Jadi sedikit banyak faktanya adalah Kerja Keras orang korea memang patut ditiru.


2. JUJUR

Jujur adalah Mahkota, agaknya ungkapab tersebut tidak berlebihan ya bagi kehidupan ini. Bagaimana tidak? Bila manusia berlaku jujur maka tidak akan ada yang namanya korupsi, mencuri uang rakyat, penggelapan dana dan sebagainya. 


Di Korea selatan orang yang berlaku Korupsi atau tidak jujur justru malah merasa malu dan dikucilkan dalam pergaulan maupun pekerjaan. Ada satu cerita dalam sekian kesempatan aku memiliki kesalahan dalam bekerja, dan mau tidak mau aku harus jujur. Dan orang korea akan memaklumi hal itu hingga ia tidak menunjukan rasa marah sedikitpun tentang kesalahanku. Jadi sikap jujur adalah mahkota bagi pekerja yang baik.


3. PEMAAF


Sumber

Maaf adalah satu bentuk kemanusiaan tertinggi dari manusia, sejatinya maaf adalah sifat yang agung dan luhur dari Tuhan. Begitu kiranya kata - kata yang elok dari sikap pemaaf. Negara korea selatan dikenal sebagai negara dengan tingkat peminum alkohol yang tertinggi di dunia, tak heran jika minuman keras bisa kamu temukan dimana saja asalkan ada toko yang buka di seluruh penjuru korea. Biasanya ketika mereka mabuk berat, diantara mereka ada yang berkelahi. Dan tak jarang ada yang terluka dan menimbulkan rusuh.

Namun, aneh sekali jika mereka setelah bertengkar besoknya lupa seolah - olah tidak terjadi apapun. Jadi mereka memaafkan kejadian yang udah berlalu begitu saja. Dan sama - sama rela. Tapi ini tidak berlaku untuk pelanggaran hukum ya. Hehe... 


Baiklah, kita sebagai manusia yang tak henti belajar sudah tentu harus meniru atau belajar hal - hal yang baik dari negara yang baik atau dari siapapun. Ingat kalimat Ki Hajar Dewantara "Jadikan semua tempat adalah sekolah, dan jadikan semua masa adalah waktu menuntut ilmu".

Nah, sekian tulisan ini semoga dapat membawa manfaat bagi kita semua tentang wawasan karakter orang korea ya, apa yang baik mari kita tiru dan apa yang kita anggap tidak baik maka kita tinggalkan. Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak berhenti belajar, dari siapapun.

Posting Komentar untuk "3 SIKAP ORANG KOREA YANG PATUT KITA TIRU"