Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ibadah Saat sibuk bekerja, Gimana caranya ???

Ibadah saat kerja gimana caranya ?

Nah, disini aku sedikit akan bercerita bagaimana cara ibadah saat aku bekerja disini. Sebelum itu aku akan backgroundnya yaa..


Ibadah adalah salah satu ritual yang dilaksanakan oleh suatu agama atau kepercayaan tertentu dengan tujuan meraih ridho Tuhan atau mendekatkan diri kepada sang Pencipta. Setiap agama punya cara dan waktu ibadahnya masing - masing. Setiap kepercayaan punya khas masing - masing dalam beribadah. 


Islam mengajarkan pada pemeluknya untuk setidaknya 5 kali dalam sehari untuk beribadah, apapun kondisi dia selama sudah memasuki usia wajib ibadah ia wajib ibadah. Kecuali dengan halangan tertentu, misalnya menstruasi, nifas pada wanita. Sedang bepergian jauh misalnya. Namun, untuk contoh terakhir itu ada tata cara khusus yaitu sering disebut jama' atau qoshor . Menjadikan satu atau mempersingkat. Dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. 


Nah, bagaimana caraku beribadah di korea ? Sedangkan setiap hari melewati waktu sholat saat bekerja? Yuk simak ceritaku ...


Korea Selatan Punya 4 musim

Sumber



Sholat di negara 4 musim seperti Korea selatan ini punya tahtangan tersendiri yaitu waktu sholat yang selalu berubah hampir disetiap harinya. Bahkan pergeseran untuk sholat Shubuh, Magrib dan isya itu bisa mencapai 5 menit perminggunya. Kadang maju 5 menit atau mundur 5 menit setiap minggunya. Untuk mensiasati itu thanks to Teknologi Saat ini. Ada aplikasi Muslim untuk sholat di App store maupun playstore. 


Misalnya di bulan agustus tanggal akhir seperti ini waktu sholat magrib di awal bulan agustus masih pukul 19.40 an dan sekarang di akhir bulan agustus sudah di jam 19.11 an. Bisa dibayangkan, misalnya ngga tau waktu sholat dan ngga liat matahari bisa-bisa kita salah waktu sholat. Harusnya Magrib. Eh taunya udah isya. Mau sholat ashar eh taunya udah magrib. 


Itu salah satu tantangan sholat dari segi waktu sholat. Lantas, gimana caranya kalau waktu bekerja ? 


Sholat Saat Jam Kerja

Sumber


Pada waktu jam kerja masuk waktu sholat dan pekerjaan tidak memungkinkan sholat di awal waktu, saya mengambil waktu tersenggang diantara waktu itu misalnya di akhir hampir mepet dengan sholat selanjutnya. Menurut Kyai saya, ini sah dilaksankan asalkan tetap masih masuk waktu sholat itu. Nah, misalnya pengen di awal waktu? Bisa. Kalaulah kebetulan kita bekerja pada bidang yang sudah semi automatis menggunakan robot misalnya. Bisa jadi barang ini dapat ditinggal ketika proses produksinya. 


Teman saya, seorang pekerja asal indonesia juga bekerja di bidang elektronik pembuatan kapasitor. Dia bisa mengerjakan sholat tarawih bahkan dengan penuh + witirnya. Ini ketika ia bekerja malam dan saat masuk bulan ramadhan. 


Bayangin, misalnya dia bekerja malam tidak bulan ramadhan ia bisa baca quran. Baca berita, belajar sesuatu mungkin sambil bekerja. 


Nah, kalau bekerja pada sektor manual gimana? Ya mau tidak mau kita memerlukan komunikasi dengan rekan kerja. Baik orang Korea maupun dari negara lain kalau kita mau ibadah. Gampang kok, mereka juga mengerti kalau kita ibadah. Tinggal ngomong ke mereka, saya mau berdoa dulu mungkin 5 menit paling lama 10 menit. Insya allah di izinkan. Asal ngomongnya baik2 dan kerjaanya tidak tertinggalkan.


Saya pernah jumatan di siang hari dengan izin mandor. Tapi ngga selalu pas hari jumat bisa izin gitu. Tergantung kondisi, misalnya pas mendesak banget gitu saya dengan legowo untuk tidak minta izin. Tapi ketika senggang, dan keliatan bisa di tinggal saya meminta izin untuk melaksanakanya.


Kesimpulanya


Sumber

Bagi kita warga Indonesia Muslim datang ke negara manapun kita ialah Muslim, dan tetap wajib beribadah. Mau tidak mau, jika ada kewajiban kita tetap harus melaksanakanya. 

Namun, kita juga perlu ingat. Datang ke negara ini adalah pendatang dan membawa nama baik Bangsa Indonesia. Secara tidak langsung jadi duta Indonesia di negara yang kita tinggali. Berbuat baik, berakhlak baik adalah ciri khas Warga Negara Indonesia.


Jadi, selalu jadikan diri kita itu bangsa yang besar dengan menganggap diri kita ini Duta yang mewakili Indonesia Raya di kancah dunia Internasional. Meskipun hanya lingkup pabrik, tempat kerja, tempat tinggal dan komunitas kecil mungkin. 


Dengan bangga, kita harus mengatakan kalau kita Indonesia dengan 17.000 lebih pulau dan ratusan Suku Bangsa dari sabang - merauke. Sekian tulisanku ini, semoga bermanfaat bagi kita semuanya.




1 komentar untuk "Ibadah Saat sibuk bekerja, Gimana caranya ???"